RELAWAN MELAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN DI LINGKUNGAN DESA SUMBER JAYA

Sejak menyebarnya wabah penyakit yang disebabkan oleh virus Corona di Indonesia, Desa Sumber Jaya membentuk Relawan Pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai himbauan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.

Desa Sumber Jaya mendidirikan posko  yang bertempat di balai desa Sumber Jaya sebagai posko pelaporan warga dan pengecekan suhu. Posko ini di jaga oleh para relawan desa yang berjaga untuk melaporkan jika ada warga yang pulang dari perantauan.

Warga yang baru datang dari perantauan terutama dari daerah yang merupakan zona merah penyebaran virus corona. Warga tidak harus datang ke posko, melainkan saudara atau ketua rt dan kadus yang wajib melaporkan saudaranya atau warganya ke posko. Sedangkan warga yang baru pulang merantau harus melakukan isolasi mandiri atau karantina mandiri di rumah selama 14 hari. Selama karantina warga tidak diperbolehkan keluar rumah terutama untuk hal yang tidak penting.

 

Jika warga merasa ada gejala yang diderita seperti demam tinggi dan tenggorokan sakit, harus segera melapor keperangkat desa atau tenaga kesehatan melalui telepon. Sehingga warga tersebut dapat dilakukan pemerikasaan oleh tenaga kesehatan.

Para relawan yang telah dibentuk yang juga terdiri dari kader kesehatan, ketua rt dan kadus diharapkan dapat melaporkan setiap kedatangan dan warganya dihimabu untuk mematuhi pemerintah agar mencegah penyebaran vicus corona di desa Sumber Jaya. Selain itu para Relawan juga melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah rumah warga teruma rumah warga yang baru pulang dari perantauan. Penyemprotan juga dilakukan pada tempat umum seperti masjid dan musholah. Para Relawan yang melakukan Penyemprotan disinfekan dilengkapi dengan pakaian peindung diri seperti jas hujan, sarung tangan karet, sepatu boot, masker dan helmet.

 

Kepala desa juga menghimbau kepada warga desa Sumber jaya agar menjaga kebersihan seperti mencuci tangan sebelum dan setelah berkegiatan. Selain itu warga haru menunda dulu kegiatan yang berupa mengumpulkan banyak orang seperti kegiatan yasinan mingguan, hajatan, dan lain sebagainya yang bersifat banyak orang.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar