Festival Way Kambas ke XVIII Angkat Tema Konservasi Untuk Kesejahteraan

Tahun ini Taman Nasional Way Kambas Kabupaten Lampung Timur mebgadakan Festival Way Kambas ke XVIII. Festival Way Kambas ke XVIII pada tahun ini diselenggarakan tanggal 09 sampai 11 November 2018 dengan mengangkat tema “Konservasi Untuk Kesejahteraan”.

Festival Way Kambas ke XVIII terdiri dari berbagai rangkaian. Festival dibuka pada hari Jumat tanggal 09 November 2018 oleh Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, Ph.D. Pembukaan diawali dengan karnaval budaya yang mana peserta karnaval terdiri dari perwakilan dari Kecamatan se-Lampung Timur, komunitas budaya dll. 

Selain itu, ada juga lomba marathon dan sepeda. Lari maraton sepanjang 10 km. Hadiah yang diperebukan pun menarik dari sepeda, elektronik dan hadiah menarik lainnya.

Dalam pembukaan oleh Bupati Lampung Timur, Hj. Chununia Chalim, Ph.D menyampaikan banyak harapan diantaranya yaitu Way Kambas mentargetkan pendapatan lebih dari 1 Miliyar Rupiah yang mana nantinya akan disetor ke kas negara dari hasul non pajak. Beliau juga menyampaikan bahwa dengan adanya Festival ini, pengunjung Taman nasional Way Kambas meningkat setiap tahunnya. Dengan meningkatnya pengunjung, otomatis pendapatan pun menigkat. Dengan demikian akan berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar Taman Nasional Way Kambas.

Konservasi Untuk Kesejahteraan sebagai tema yang di usung dalam festival yang ke 18 tahun ini, diharapkan semua pihak dapat membantu menjaga hutan dan melestarikan baik fauna maupun flora yang ada di Taman Nasional Way Kambas. Tidak hanya itu, masyarakat juga diajak mengkampanyekan pelestarian gajah dan badak sumatra sebagai ikon Lampung.

Gajah dan Badak Sumatera merupakan satwa asli pulau sumatera yang dilindungi karena jumlahnya semakin sedikit. Taman Nasional Way Kambas merupakan tempat konservasi satwa mamalia terbesar di dunia. Sebagai Taman Nasional, Way Kambas memiliki rumah sakit khusus gajah untuk menangani gajah yang sakit.

Selain itu juga ada penangkaran gajah agar gajah dapat berkembang biak.

Tamanan Nasional Way Kambas memiliki berbagai jenis wahana. Wahana yang paling banyak di minati pengunjung adalah menunggang gajah.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar