JAMBANISASI: PENCEGAHAN PENYEBARAN BERBAGAI JENIS PENYAKIT MENULAR

Jamban cemplung

Jambanisasi merupakan program untuk merubah atau mengganti jamban cemplung menjadi jamban jongkok yang tertutup.

Jamban adalah tempat pembuangan kotoran manusia. Jamban yang baik dan sehat adalah jamban yang memiliki fasilitas pembuangan kotoran manusia yang terdiri atas tempat jongkok atau tempat duduk yang dilengkapi dengan adanya unit penampungan kotoran dan adanya air untuk memberisihkannya.

Bagaimana jamban cemplung dapat menyebarkan penyakit menular? kuncinya adalah jamban yang tidak tertutup sehingga banyak serangga yang hinggap atau masuk dan keluar dari jamban yang kotor menyebarkan penyakit. Selain bau yang tidak sedap keluar dari jampan cemplung, serangga seperti lalat dan kecoa dapat keluar dari jamban cemplung.

Manfaat dari buang air besar dan kecil di jamban begitu besar bagi kesehatan lingkungan. Lingkungan menjadi bersih, sehat dan tidak berbau. Dan tidak mengundang lalat penular penyakit.

Beberapa penyakit yang dapat ditularkan akibat dari tidak menggunakan jamban yang tertutup dan bersih adalah diare, cacingan, tifus, disntri, kolera, infeksi  saluran pencernaan, keracunan dan penyakit kulit.

Penggunaan jamban sehat dan bersih merupakan cerminan keluarga sehat.

Jadi yang Pertama Berkomentar