KESENIAN JARANAN

KESENIAN JARANAN

KESENIAN JARANAN merupakan kesenian yang berupa tarian dengan membawa kuda – kudaan yang terbuat dari anyaman bambu yang dihias sedemikian rupa dan diringi musik dalam pertunjukannya.

Jaranan sendiri merupakan kesenian dari tanah Jawa yang dibawa oleh masyarakat lampung bersuku jawa. Masyarakat jawa yang datang ke Lampung membawa pula kesenian dan budayanya ke Lampung.

Dalam pertunjukan kesenian jaranan, selain pertunjukan tarian dengan kuda – kudaan dengan iringan musik gamelan yang di mainkan oleh para pemusik gamelan, para penari didandani layaknya seorang penunggang kuda yang gagah. Tarian dilakukan oleh 2 – 4 orang atau lebih dimana penarinya bisa terdiri dari laki – laki atau perempuan dan juga campuran.

Pada pertunjukannya, kesenian jaranan juga terdapat tokoh – tokoh menyeramkan seperti Rahwana dan tokoh seram yang ada di cerita pewayangan. Dalam pertunjukkannya, para pemain sering terasuki oleh roh yang di undang oleh seorang dukun. Roh tersebut sengaja untuk diundang dan merasuki pemain. Roh bisa berupa roh binatang seperti Harimau atau kera.

Kesenian Jaranan sering di adakan pada acara pernikahan dan sunatan juga pada acara besar seperti hari Ulang tahun desa atau kecamatan. dan untuk menambah kesan yang dibawa tokoh menyeramkan, biasanya masyarakat mengundang kesenian jaranan yang mana pertunjukannya dilakukan pada malam hari sehingga lebih tersa suasana mistisnya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar