SINGKONG KOMODITAS PERTANIAN DESA SUMBER JAYA

Tanaman Singkong di Desa Sumber Jaya

Singkong merupakan salah satu komoditas pertanian desa Sumber Jaya. Masyarakat yang mayoritas berpencaharian sebagai petani, sebagian tanaman yang ditanam oleh petani adalah singkong.

Singkong memiliki nama latin Manihot esculenta Crantz. Tanaman ini juga memiliki nama lain seperti Ubi Kayu (Indonesia), Sampeu (Sunda) Budin/Telo (Jawa).

Singkong dapat tumbuh diberbagai daerah. tanaman singkong juga mudah dibudidayakan karena dapat tumbuh di bebagai kondisi tanah. Tanaman singkong dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi.

Semua bagian tanaman dapat dimanfaatkan. Daunnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak kambing dan bagian pucuk daun yang muda bisa dijadikan lauk dengan berbagai olahan makanan. Batangnya selain dapat ditanam kembali sebagai bibit stek, batangnya dapat digunakan sebagi kayu bakar.

Umbi Batang dari singkong sudah tidak asing lagi dalam pemanfaatannya. tepung tapioka adalah salah satu hasil olahan dari singkong. selain itu juga singkong dapat diolah menjadi berbagai macam makanan.

Facebook Comments
About Sumber Jaya 54 Articles
Desa Sumberjaya Kecamatan Waway Karya Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung

Jadi yang Pertama Berkomentar