PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DESA SUMBER JAYA

Jalan desa Sumber Jaya dalam proses pengadaan bahan seperti batu untuk pengaspalan jalan

Sumber Jaya. Pembangunan infrastruktur adalah salah satu bentuk fisik kemajuan sebuah desa. Pembangunan infrastruktur akan berdampak pada berkembangnya sebuah desa. Adanya pembangunan insfrastruktur desa seperti jalan desa akan berdampak pada majunya perekonomian desa. Jalan merupakan salah satu faktor penting dalam peningkatan perekonomian desa. Distribusi barang dan jasa akan lebih efektif dan efisien dengan pembangunan jalan yang baik. Sehingga dengan adanya pembangunan infrastruktur jalan akses masyarakat untuk mendapatkan barang dan jasa yang tidak ada di desanya akan lebih mudah dan lancer. Desa akan berkembang dengan baik dan kesejahteraan masyarakat pun meningkat.
Desa Sumber Jaya merupakan salah satu desa di kecamatan Waway Karya yang sedang melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan desa di tahun 2017 ini. Pembanguna infrastruktur jalan sedang berlansung saat ini. Pengadaan barang seperti aspal telah dilakukan dan batu sedang dalam pelaksanaan. Jalan desa yang akan dilapisi aspal adalah sepanjang 3,125 m dimulai dari dusun Purwodadi, Sumberjaya, Suka Sari, dan Bangun Sari.
Warga desa Sumber Jaya menyabut bahagia dengan pembangunan infrastruktur jalan ini. Ketika mengetahui jalan desa mereka akan dilapisi aspal, warga menyambutnya dengan sukacita. Secara gotong – royong warga melakukan kerja bakti, membersihkan jalan dari rumput – rumput yang tumbuh di jalan. Warga sudah tidak lagi menunggu perintah untuk membersihkan jalan di depan rumah mereka masing – masing, karena warga desa Sumber Jaya sadar pentingnya pembangunan jalan desa mereka sehingga mereka segera membersihkan jalan dengan bergotong royong membersihkan jalan dari rumput dan benda – benda yang dapat menghambat pembangunan dan pengaspalan jalan.
Warga berharap dengan pengaspalan jalan desa akan mempermudah akses mereka untuk mendapatkan barang dan jasa yang warga butuhkan. Pengaspalan jalan desa pun akan mempersingkat waktu tempuh ke tempat dimana warga beraktivitas seperti pasar, sekolah, kantor desa, kantor kecamatan, dan tujuan lainnya.
Selain itu, dengan adanya pembangunan infrastruktur (pengaspalan) jalan desa di desa Sumber Jaya ini akan memperlancar aktivitas perdagangan. Aktivitas jual – beli kebutuhan pokok warga desa akan lebih efisien dan tepat waktu sehingga aktivitas berdampak pada peningkatan pendapatan warga desa. Kegiatan warga yang mayoritas berpencaharian sebagai petani, akan memudahkan untuk menjual hasil tani warga kepasar maupun ke pengepul dan tengkulak. Dan distribusi kebutuhan tani warga seperti pupuk, pestisida dan benih serta peralatan bertani jadi lebih efisien dan efektif.
Meningkatnya aktivitas warga ini adalah salah satu tujuan pembangunan infrastruktur jalan sehingga dapat mingkatkan pendapatan desa serta pendapatan warga desa. Dengan demikian kesejahteraan warga desa juga meningkat.

Facebook Comments
About Sumber Jaya 54 Articles
Desa Sumberjaya Kecamatan Waway Karya Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung

Jadi yang Pertama Berkomentar