Ramadhan is Coming Soon!!!!

Alhamdulillah bulan suci Ramdhan segera menyapa kita. Kita bersykur karena masih dipertemukandengan bulan yang penuh berkah, bulan yang selalu dinanti nanti oleh umat islam di seluruh dunia. Karena semakin dekat, sebagian besar umat muslim sudah mulai bersiap-siap baik lahir maupun batin untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Mulai dari persiapan bahan pokok, persiapan barang bawaan mudik, rencana kajian dan i’tikaf di masjid, bahkan ada juga yang sudah mencari cari pakaian lebaran.

Karena bulan suci Ramadhan datang setahun sekali maka persiapannya harus sebaik baiknya, tidak boleh terlewatkan satupun. Jika dipersiapkan secara optimal maka berkah yang di dapat lebih optimal pula. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dipersiakan untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

  1. Periapan Mental

Mental harus dipersiapkan beberpa bulan sebelum menyambut Ramadhan agar bisa melaksanakan ibadah secara optimal dan mendapat ridho-Nya. Persiapan yang dilakukan bisa berupa melaksankan puasa sunah, hafalan ayat Al-Quran, sehingga ketika bulan ramadhan tiba kita bisa melakukan ibadah secara maksimal.

2. Persiapan Ruhiyah

Persiapan  ruhiyah ini bisa dengan cara memperbanyak bacaan bacaan Al-Quran, melakukan berbagai macam ibadah, bedzikir, menyucikan jiwa dengan berbanyak taubat, dan melakukan banyak amal ibadah sunnah lainnya seperti yang telah diajarkan oleh baginda Rasulullah SAW.

3. Persiapan Ilmu

Persiapan ilmu ini sangat penting karena seperti yang telah disampaikan oleh ulama, diterimanya amal ibadah adalah ikhlas dan sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW.

4. Persiapan Kesehatan

kesehatan sangat penting untuk dipersiapkan. kesehatan kita harus tetap dijaga baik sebelum ataupun selama bulan Ramadhan kesetan tetap harus dijaga. Sehingga kita bisa menjalankan ibadah dengan optimal tanpa terkendala. Sungguh sayang jika kesehatan kita menurun ketika bulan ramadan tiba, kita tidak bisa melaksankan ibadah dengan maksimal.

5. Bahan Makanan Pokok

Bahan makanan pokok perlu dipersiapakan untuk menjaga ketersedian makanan selama bulan ramadhan. Dengan ketersediaan bahan makanan ini ibadah tidak terganggu karena memikirkan bahan pokok yang kekurangan.

6. Kebersihan Tempat Ibadah

Kebersihan sebagian dari iman, bukan sembarang istilah karena istilah ini benar adanya. karena dengan kebersihan baik tempat ibadah maupun alat ibadah akan membuat pelaksanaan ibadah lebih optimal. Tempat ibadah seperti masjid/mushola dibersihkan, diperbaiki bagian yang rusak dan di cat ulang sehingga dalam melakukan ibadah sholat tarawih dan itikaf lebih khusu.

About Sumber Jaya 54 Articles
Desa Sumberjaya Kecamatan Waway Karya Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung

Jadi yang Pertama Berkomentar