Wisata di Lampung Timur

TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS

Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional yang terletak di kabupaten Lampung Timur dengan Luas kurang lebih 1260.000 hektar. Taman Nasional Waykambas berupa suaka alam dataran rendah yang terdiri dari dua destinasi yaitu Pusat Konservasi Gajah dan Camp Jagawana Resort Way Kanan.
Pusat Konservasi Gajah adalah area yang dimanfaatkan untuk konservasi gajah yang sesuai dengan prinsip konservasi. Gajah-gajah liar yang dilatih di Pusat Konservasi Gajah dapat dijadikan sebagai gajah tunggang, atraksi, angkutan kayu dan bajak sawah. Pada pusat latihan gajah tersebut, dapat disaksikan pelatih mendidik dan melatih gajah liar, menyaksikan atraksi gajah main bola, menari, berjabat tangan, hormat, mengalungkan bunga, tarik tambang, berenang dan masih banyak atraksi lainnya

Waktu kunjungan : untuk pengamatan aktivitas gajah sebaiknya pagi sekali atau jam 4 – 5 sore. Tersedia fasilitas umum seperti pesanggrahan, kios makanan, kios cinderamata, mushola dan fasilitas umum lain.
Resor Way Kanan dan Suaka Rhino Sumatera termasuk dalam wilayah Taman Nasional Way Kambas. Di sepanjang jalan pengunjung yang beruntung dapat melihat satwa liar yang berkeliaran atau melintas jalan, Way Kanan adalah surga bagi pecinta alam karena kekayaan flora dan faunanya. Dalam kawasan ini terdapat Sumateran Rhino Sanctuary (SRS) yang merupakan proyek penelitian pengembangan populasi Badak Sumatera di habitat aslinya yang telah berhasil melahirkan seekor badak Andatu.

Kegiatan yang dapat dilakukan adalah tracking di hutan rimba atau berperahu motor ke hulu atau hilir sungai untuk mengamati flora dengan fauna yang terdapat di alam hutan bebas, perjalanan harus dipandu dengan petugas. Penelitian dan penangkaran badak sumatera dengan fasilitas laboratorium alam dan wisma peneliti.Rawa Kali Biru, Rawa Gajah, dan Kuala Kambas. Menyelusuri sungai Way Kanan, pengamatan satwa (bebek hutan, kuntul, rusa, burung migran), padang rumput dan hutan mangrove.

TAMAN PURBAKALA PUGUNG RAHARJO

Situs Pugung Raharjo ditemukan pada tahun 1957. Luas area sekitar 30 hektar , terletak di Kecamatan Sekampung Hilir, Lampung Timur Merupakan peninggalan jaman megalitik, berupa Arca batu, prasasti batu berlubang, menhir, punden berundak, Arca type Polynesia. Terdapat pula keramik lokal dan asing (dari dinasti Han, Yuan, Sung) Ditemukan benteng parit primitif sepanjang 1,2 km mengelilingi situs purbakala, diduga parit ini dahulunya berisi air yang konon menurut cerita bila dipergunakan untuk mandi dapat membuat awet muda.

 

sumber: http://pariwisatalampung.com/destinasi/lampung-timur.html

photo: holobis.net

Facebook Comments
About Sumber Jaya 54 Articles
Desa Sumberjaya Kecamatan Waway Karya Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung

Jadi yang Pertama Berkomentar